Skidpatch dan gear ratio sebenernya dapat dengan mudah dilihat dari website ini
http://www.surplace.fr/ffgc/
tapi gue cuman mo ngasih sedikit cara kalo mo ngitung skidpatch dan rasio, terutama kalo gak lagi di depan komputer / gak ada internet.
1. Skidpatch
Seperti yang udah diketahui, skidpatch adalah titik pada ban yang terpakai saat lo lagi skid. Semakin banyak titiknya, maka ban bakal lebih tahan lama dari kebotakan akibat skid.
Cara ngitung skidpatch tuh mudah banget. Kalau lo udah tau ukuran crank dan cog di sepeda, anggep aja keduanya pecahan.
Contoh: Ukuran Crank 46 Cog 16
46 --------> Pembilang
---
16 --------> Penyebut
Pecahan ini harus disederhanakan sampai sesederhananya.. Hasilnya begini
23 --------> Pembilang
--
8 --------> Penyebut
Ambil lah Penyebut dari hasil pecahan tersebut maka lo bakal tau skidpatch dari rasio sepeda lo (dalam hal ini skidpatchnya = 8 )
Contoh lain: Ukuran Crank 47 Cog 19
47 --------> Pembilang
--
19 --------> Penyebut
Pecahan ini gak bisa disederhanakan lagi. Oleh karena itu Skidpatchnya = Penyebut = 19
=========================================================================
NB!
Tidak semua bilangan ganjil akan mempunyai skidpatch sesuai dengan jumlah gigi pada Cog. Tetapi hanya bilangan [B]PRIMA[/B] yang [B]PASTI[/B] punya skidpatch sesuai dengan cog. Bilangan prima itu contohnya 2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53, dst. Jadi kalo gak mau pusing mikirin skidpatch, cari chainring dengan ukuran di atas. Skidpatchnya bakal sama dengan cog yang lo pake
=========================================================================
2. Rasio
Semuanya udah tau pasti kan rasio adalah perbandingan antara Crank dengan Cog. Sekarang gue mau jelasin cara tau rasio yang ringan, berat, dan mirip2 dengan rasio lainnya.
Hampir mirip cara mengitung rasio dengan skidpatch. Kembali lagi kita menggunakan pecahan. Hanya bedanya kalau dalam skidpatch kita menyederhanakan pecahan tersebut, tapi kalau dalam gear ratio kita cukup membaginya saja.
Contoh: Gear Ratio 46-16
46
--- = 2,875
16
Di atas udah ketauan rasionya kira2 ada di 2,875. Lalu mau tau berat atau ringannya bagaimana?
Jika hasil pembagiannya:
- Berada kurang dari 2 (Misalnya 1,3) maka tergolong ringan
- Berada di antara 2-3 (Misalnya 2,875) maka tergolong sedang
- Berada di atas 3 (Misalnya 3,375) maka tergolong berat
=========================================================================
NB!
Tapi kembali lagi ke diri masing2. Definisi ringan, sedang, dan berat ada pada diri masing2 karena kekuatan otot kaki dan nafas tiap orang berbeda-beda
=========================================================================
Sekarang misalnya kalian mau ngebandingin rasio A sama ringan / beratnya gak dengan rasio B.
Ini gue iseng2 nemuin cara kaya gini (tapi gak selalu efektif).
Contohnya lo mo bandingin rasio 46/15 dengan 53/17 lebih berat mana. Caranya adalah gini:
46 46 1 -------> Pembilang
-- = 3,06666667 atau -- = 3 --
15 15 15
==========================
53 53 2 -------> Pembilang
-- = 3,11764706 atau -- = 3 --
17 17 17
Sekarang tinggal bandingin pembilangnya sisanya aja. 46/15 punya pembilang sisa 1 sedangkan 53/17 punya pembilang sisanya 2. Oleh karena itu pasti beratan 53/17
Contoh lainnya lo mo bandingin rasio 49/17 dengan 46/16 lebih berat mana. Caranya adalah gini:
49 49 15 -------> Pembilang
-- = 2,88235294 atau -- = 2 --
17 17 17
==========================
46 46 14 -------> Pembilang
-- = 2,87500 atau -- = 2 --
16 16 16
Cara lain
Bisa kita liat sisanya dari yg 49/17 adalah 15/17. Sedangkan 46/16 sisanya adalah 14/16. Baik 15/17 maupun 14/16, keduanya membutuhkan 2 agar pecahan tersebut jadi full (17/17 dan 16/16). Oleh karena itu kemungkinan rasio ini MIRIP (Ingat definisi mirip itu bukan berarti sama persis, melainkan menyerupai. Berarti salah satu dari kedua rasio ini lebih berat sedikit tp gak terlalu signifikan)
Semoga artikel ini bermanfaat :)
No comments:
Post a Comment